Sabtu, 10 Oktober 2020

MODUL BDR KELAS 1, 2, 3, 4, 5, DAN 6 SD

Your Ads Here

Your Ads Here

 

ODUL BDR SD KELAS 1, 2,3,4,5,6 TAHUN 202

Hai, sobat guru hebat….
Kondisi saat ini kita masih berada pada krisis dunia yang sangat berat. Kondisi pandemi ini membawa kita pada situasi baru yang biasanya belum pernah kita alami. Dunia pendidikan mau tidak mau harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Pembelajaran yang biasanya kita lakukan dengan tatap muka di sekolah, sekarang harus kita lakukan dengan pola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Di masa pandemi, BDR masih sangat akrab dengan guru-guru dan siswa-siswa kita. Istilah BDR (Belajar Dari Rumah) masih untuk pertama kalinya kita lakukan, dan sobat guru masih awam dengan istilah tersebut. Sobat guru, setiap hari harus mencari referensi untuk mengemas pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa-siswa esok harinya. Kita dituntut untuk meningkatkan kerjasama antara guru, siswa dan orangtua, agar pembelajaran dapat dilakukan dimanapun

Dalam siaran pers nomor: 211/Sipres/A6/VIII/2020 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terbitkan kurikulum darurat pada satuan pendidikan dalam kondisi hhusus. Dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus dijelaskan bahwa satuan pendidikan dalam kondisi khusus dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, satuan pendidikan dapat 1) tetap mengacu pada Kurikulum Nasional (sesuai KI KD pada Permendikbud no 37 tahun 2018), 2) menggunakan kurikulum darurat; atau 3) melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri.

Kurikulum darurat atau kurikulum dalam kondisi khusus yang disiapkan kemendikbud merupakan penyederhaan dari kurikulum nasional. Pada kurikulum dadrurat dilakukan pengurangan kompetensi dasar sehingga guru tidak harus menyelesaikan semua kompetensi dasar yang ada pada kurikulum nasional. Kompetensi yang ada pada kurikulum darurat terfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya.

Sobat guru hebat Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan menyediakan Modul Pendamping Bagi Guru, Modul Belajar Siswa, dan Modul Pendamping Bagi Orangtua. Modul Pendamping Bagi Guru membantu guru untuk merancang kegiatan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi siswa dan keluarganya. Kegiatan-kegiatan pada modul tersebut diharapkan dapat memberikan inspirasi agar guru dapat merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar esensial. Guru dapat menurunkannya dalam kegiatan harian dengan tujuan pembelajaran yang dapat dipahami oleh orang tua siswa. Diharapkan kegiatan pembelajaran akan lebih inovatif dan kreatif, sehingga siswa merasa enjoy dan bahagia.

Modul Belajar Siswa akan membantu siswa belajar di rumah. Dalam modul tersebut siswa menemukan bacaan-bacaan dan berbagai aktivitas pembelajaran yang menarik. Tentu saja aktivitas tersebut banyak yang membutuhkan bantuan orantua atau orang lain yang lebih dewasa. Diharapkan kerjasama antara guru, siswa, dan orangtua terjalin semakin harmonis.

Modul pendamping bagi orang tua didalamnya terdapat penjelasan mengenai strategi mendampingi putra-putri belajar serta rangkuman materi. Dengan modul ini para orangtua tidak kesulitan lagi dalam mendampingi putra-putrinya belajar.

Modul-modul tersebut diterbitkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tiap minggu. Sehingga materi dan aktivitas yang dialami siswa-siswa kita sangat beragam dan diharapkan tidak membosankan.

Sobat guru hebat,
Mbahguru menyediakan link untuk mendownload modul-modul tersebut. Di mbahguru sobat bisa dapatkan modul-modul tersebut dengan mudah.

Marilah kita berjuang bersama, berkolaborasi dengan orangtua untuk mengemban tugas mulia mencerdaskan anak bangsa, dengan tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Semoga krisis ini segera berakhir, dan kondisi kembali normal seperti sedia kala. Amin.

Kelas 1

1.Modul Belajar Siswa SD Kelas 1 Minggu 1 unduh

2.Modul Belajar Siswa SD Kelas 1 Minggu 4 unduh

3.Modul Pendamping Bagi Guru SD Kelas 1 Minggu 1 unduh

4.Modul Pendamping Bagi Guru SD Kelas 1 Minggu 4 unduh

5.Modul Pendamping Bagi Orang Tua SD Kelas 1 Minggu 1 unduh

6.Modul Pendamping Bagi Orang Tua SD Kelas 1 Minggu 4 unduh

7.Modul Pendamping Guru kelas 1 minggu 2 unduh

8.Modul Pendamping Orang Tua kelas 1 minggu 2 unduh

9.Modul Siswa literasi numerasi kelas 1 minggu 2 unduh

Kelas 2

1.Modul Belajar bagi Siswa Kelas 2 minggu 2 unduh

2.Modul Belajar Siswa Kelas 2 Minggu 3 unduh

3.Modul Pendamping bagi Guru - Kelas 2 minggu 2 unduh

4.Modul Pendamping bagi Orang Tua Kelas 2 minggu 2 unduh

5.Modul Pendamping Belajar Guru Kelas 2 Minggu 1 unduh

6.Modul Pendamping Belajar Orang Tua SD Kelas 2 Minggu 1 unduh

7.Modul Pendamping Belajar Siswa SD Kelas 2 Minggu 1 unduh

8.Modul Pendamping Guru Kelas 2 Minggu 3 unduh

9.Modul Pendamping Orang Tua Kelas 2 Minggu 3 unduh

Kelas 3

1.Modul Pendamping Bagi Guru Kelas 3 Minggu 1 unduh

2.Modul Pendamping Bagi Orang Tua Kelas 3 Minggu 1 unduh

3.Modul Pendamping Bagi Siswa Kelas 3 Minggu 1.pdf unduh

4.Modul Pendamping Belajar Guru SD  Kelas 3 Minggu 2 unduh

5.Modul Pendamping Belajar Orang Tua Kelas 3 Minggu 2 unduh

6.Modul Pendamping Belajar Siswa SD Kelas 3 Minggu 2 unduh

Kelas 4

1.Modul Belajar Siswa SD Kelas 4 minggu 1 unduh

2.Modul Belajar Siswa SD Kelas 4 Minggu 2 unduh

3.Modul Pendamping Bagi Guru SD Kelas 4 minggu 1 unduh

4.Modul Pendamping Bagi Guru SD Kelas 4 Minggu 2 unduh

5.Modul Pendamping Bagi Orang Tua Kelas 4 Minggu 1 unduh

6.Modul Pendamping Bagi Orang Tua Kelas 4 Minggu 2 unduh

Kelas 5

1.Modul Belajar Literasi dan Numerasi Siswa Kelas 5 Minggu 1 unduh

2.Modul Belajar Siswa SD Kelas 5 Minggu 2 unduh

3.Modul Pendamping Bagi Guru Kelas 5 Minggu 1 unduh

4.Modul Pendamping Bagi Orangtua Kelas 5 Minggu 1 unduh

5.Modul Pendamping Belajar Guru Kelas 5 Minggu 2 unduh

6.Modul Pendamping Belajar Orang tua SD Kelas 5 Minggu 2 unduh

Kelas 6

1.Modul Belajar Siswa Kelas 6 minggu 1 unduh

2.Modul Belajar Siswa kelas 6 minggu 4 unduh

3.Modul Pendamping Belajar Bagi Guru Kelas 6 minggu 1 unduh

4.Modul Pendamping Belajar Bagi Orang tua Kelas 6 minggu 1 unduh

5.Modul Pendamping Belajar Orangtua kelas 6 minggu 4 unduh

6.Modul Pendamping Guru kelas 6 minggu 4 unduh

 

Blog ini adalah tempat untuk penyedia berbagai macam tutorial, tips, dan info menarik lainnya. Admin berharap pengunjung dapat lebih mudah mencari apa yang di inginkan dan mendapatkan informasi yang menarik di blog ini.